Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5909
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by Pa'de Gung » Wed Mar 08, 2017 2:43 pm

Hampir semua grand civic yg saya temui, selang heater di bypass ke inlet water pump/ rumah thermostat.

seperti ini.
heaterhose1.png
Seharusnya selang tersebut masuk ke dalam kabin.
Seperti ini
heater hose.png
ada kran air pada selang yg masuk kabin, kran ini bisa dibuka dengan cara memutar pangatur suhu di panel AC kiri. Jika panel ini diputar ke kanan,..maka air panas akan mengalir dalam saluran udara AC untuk menghangatkan kabin.

Pemutusan saluran ini biasanya ini dilakukan oleh tukang AC yg menganggap heater (pemanas kabin) mengganggu kerja AC. Ini tidak benar, karena heater dilenkapi dg kran air dan tutup saluran udara. sehingga udara dingin tidak akan melalui saluran pemanas jika pengatur suhu diputar ke kiri penuh.

MASALAHNYA.., cara ini dianggap benar..!!

Benar bahwa tidak ada lagi air panas yg masuk/bocor ke heater. TAPI.., selang yg dihubungkan langsung /bypass pada inlet waterpump ini akan mengurangi fungsi radiator.
Air yg seharusnya melalui Radiator lalu masuk ke inlet.., justru dialirkan langsung tanpa melalui radiator.
untungnya selangnya agak kecil, sehingga masih cukup banyak yg masuk ke radiator.
Namun ini pasti akan mempengaruhi proses pendinginan mesin. Karena air yg sudah didinginkan memalui radiator dicampur air panas lagi dg air dari selang bypass tadi.

Tidak masalah jika meniadakan fungsi heater kabin, tapi seharusnya saluran ini ditutup, bukan dibypass.

Tidak sulit menutup saluran ini.., cukup menggunakan selang karet dan baut 12 ato 14.
masukkan baut pada lubang selang karet, lalu oleskan sealer pada selang dan masukkan ke lubang saluran, putar baut sampai masuk seluruhnya, sehingga selang membesar dan tetanam kuat di lubang saluran.
heaterhose2.png
Tutup kedua ujung saluran
heaterhose3.png
dengan begitu sirkulasi air seluruhnya akan melaui radiator.

somoga bermanfaat..:)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 14009
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by adeindra » Thu Mar 09, 2017 9:28 am

waaaah saya yang termasuk salah kapraah nihh...
membypass itu selang

mau ditutup aje deh kayak yang disarankan...
hmmm kalo seandainya pake selang buntu suka ada komplen sering lepas ya pakde?

Image

moch amien
GC Noob
GC Noob
Posts: 9
Joined: Sat Jan 23, 2016 5:35 am

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by moch amien » Thu Mar 09, 2017 10:33 am

trimakasih buat artikelnya pakde gung,buat saya nie termasuk masukan...hehehe
soale xi gc saya problem kipas nyala belum teratasi,riwayat sblumnya ga pake thermostart,setelah saya belikan&pasang thermostart ketika suhu mesin sdah mencapai kipas mlai nyala,tetapi ga bisa mati2...
liat artikel ini coba sya praktekkan..hehehe
trims pa'degung..

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5909
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Selang baypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by Pa'de Gung » Thu Mar 09, 2017 1:34 pm

adeindra wrote:
Thu Mar 09, 2017 9:28 am
waaaah saya yang termasuk salah kapraah nihh...
membypass itu selang

mau ditutup aje deh kayak yang disarankan...
hmmm kalo seandainya pake selang buntu suka ada komplen sering lepas ya pakde?

Image
kalo cuma selang buntu seperti itu 2 bulan jebol om..
mungkin lubang harus diisi dulu (misal dg tutup odol dan sealer) baru ditutup selang buntu, biar rapi dan ga lompat saat tekanan tinggi.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5909
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by Pa'de Gung » Thu Mar 09, 2017 1:38 pm

moch amien wrote:
Thu Mar 09, 2017 10:33 am
trimakasih buat artikelnya pakde gung,buat saya nie termasuk masukan...hehehe
soale xi gc saya problem kipas nyala belum teratasi,riwayat sblumnya ga pake thermostart,setelah saya belikan&pasang thermostart ketika suhu mesin sdah mencapai kipas mlai nyala,tetapi ga bisa mati2...
liat artikel ini coba sya praktekkan..hehehe
trims pa'degung..
ga bisa mati ato sebenarnya bisa mati tapi lama om..?

sipp..monggo dicoba dulu.., mudah²an bsa atasi masalahnya.

User avatar
AnkKayz
GC Lover
GC Lover
Posts: 255
Joined: Thu Nov 13, 2014 8:15 pm
Contact:

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by AnkKayz » Thu Mar 09, 2017 8:02 pm

Wahh saya juga yg termasuk salah kaprah dong klo gt.. cz punya sya d by pass juga nh...

Tp klo heater udah lama ga aktif, klo d balikin lg jalur'a bkalan aman ga pa'de.? Tkutnya krna dah lama vacum mlah knp" lg...

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5909
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by Pa'de Gung » Thu Mar 09, 2017 8:33 pm

asal ga bocor aman aja om.., kalo ga yakin ya dibuntu aja. toh hampir ga pernah buka kran kan, jadi sama aja dg dibuntu.
kalo ga punya bahan buat buntu lubang air, buntu aja / masukin plastik ato apa ke selang jumper..lalu pasang lagi selangnya, yg penting air ga ngalir lewat selag itu.

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 14009
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: Selang baypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by adeindra » Fri Mar 10, 2017 8:46 am

Pa'de Gung wrote:
Thu Mar 09, 2017 1:34 pm

kalo cuma selang buntu seperti itu 2 bulan jebol om..
mungkin lubang harus diisi dulu (misal dg tutup odol dan sealer) baru ditutup selang buntu, biar rapi dan ga lompat saat tekanan tinggi.
siap...
besok coba dipraktekan lah

atau bisa juga cara gabungan ya... pake cara pakde lalu biar rapi ditutup dengan selang buntu deh :D

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1610
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by choElo98 » Fri Mar 10, 2017 8:56 am

Mantap pa' de, keslahan juga ni
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

User avatar
inc_hand
GC Noob
GC Noob
Posts: 16
Joined: Sun Feb 21, 2010 1:37 pm
Location: pasuruan
Contact:

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Post by inc_hand » Fri Mar 10, 2017 9:10 am

Praktek ah... makasih pak de gung

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests