Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
Hampir semua grand civic yg saya temui, selang heater di bypass ke inlet water pump/ rumah thermostat.
seperti ini. Seharusnya selang tersebut masuk ke dalam kabin.
Seperti ini ada kran air pada selang yg masuk kabin, kran ini bisa dibuka dengan cara memutar pangatur suhu di panel AC kiri. Jika panel ini diputar ke kanan,..maka air panas akan mengalir dalam saluran udara AC untuk menghangatkan kabin.
Pemutusan saluran ini biasanya ini dilakukan oleh tukang AC yg menganggap heater (pemanas kabin) mengganggu kerja AC. Ini tidak benar, karena heater dilenkapi dg kran air dan tutup saluran udara. sehingga udara dingin tidak akan melalui saluran pemanas jika pengatur suhu diputar ke kiri penuh.
MASALAHNYA.., cara ini dianggap benar..!!
Benar bahwa tidak ada lagi air panas yg masuk/bocor ke heater. TAPI.., selang yg dihubungkan langsung /bypass pada inlet waterpump ini akan mengurangi fungsi radiator.
Air yg seharusnya melalui Radiator lalu masuk ke inlet.., justru dialirkan langsung tanpa melalui radiator.
untungnya selangnya agak kecil, sehingga masih cukup banyak yg masuk ke radiator.
Namun ini pasti akan mempengaruhi proses pendinginan mesin. Karena air yg sudah didinginkan memalui radiator dicampur air panas lagi dg air dari selang bypass tadi.
Tidak masalah jika meniadakan fungsi heater kabin, tapi seharusnya saluran ini ditutup, bukan dibypass.
Tidak sulit menutup saluran ini.., cukup menggunakan selang karet dan baut 12 ato 14.
masukkan baut pada lubang selang karet, lalu oleskan sealer pada selang dan masukkan ke lubang saluran, putar baut sampai masuk seluruhnya, sehingga selang membesar dan tetanam kuat di lubang saluran. Tutup kedua ujung saluran dengan begitu sirkulasi air seluruhnya akan melaui radiator.
somoga bermanfaat..
seperti ini. Seharusnya selang tersebut masuk ke dalam kabin.
Seperti ini ada kran air pada selang yg masuk kabin, kran ini bisa dibuka dengan cara memutar pangatur suhu di panel AC kiri. Jika panel ini diputar ke kanan,..maka air panas akan mengalir dalam saluran udara AC untuk menghangatkan kabin.
Pemutusan saluran ini biasanya ini dilakukan oleh tukang AC yg menganggap heater (pemanas kabin) mengganggu kerja AC. Ini tidak benar, karena heater dilenkapi dg kran air dan tutup saluran udara. sehingga udara dingin tidak akan melalui saluran pemanas jika pengatur suhu diputar ke kiri penuh.
MASALAHNYA.., cara ini dianggap benar..!!
Benar bahwa tidak ada lagi air panas yg masuk/bocor ke heater. TAPI.., selang yg dihubungkan langsung /bypass pada inlet waterpump ini akan mengurangi fungsi radiator.
Air yg seharusnya melalui Radiator lalu masuk ke inlet.., justru dialirkan langsung tanpa melalui radiator.
untungnya selangnya agak kecil, sehingga masih cukup banyak yg masuk ke radiator.
Namun ini pasti akan mempengaruhi proses pendinginan mesin. Karena air yg sudah didinginkan memalui radiator dicampur air panas lagi dg air dari selang bypass tadi.
Tidak masalah jika meniadakan fungsi heater kabin, tapi seharusnya saluran ini ditutup, bukan dibypass.
Tidak sulit menutup saluran ini.., cukup menggunakan selang karet dan baut 12 ato 14.
masukkan baut pada lubang selang karet, lalu oleskan sealer pada selang dan masukkan ke lubang saluran, putar baut sampai masuk seluruhnya, sehingga selang membesar dan tetanam kuat di lubang saluran. Tutup kedua ujung saluran dengan begitu sirkulasi air seluruhnya akan melaui radiator.
somoga bermanfaat..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
waaaah saya yang termasuk salah kapraah nihh...
membypass itu selang
mau ditutup aje deh kayak yang disarankan...
hmmm kalo seandainya pake selang buntu suka ada komplen sering lepas ya pakde?
membypass itu selang
mau ditutup aje deh kayak yang disarankan...
hmmm kalo seandainya pake selang buntu suka ada komplen sering lepas ya pakde?
-
- GC Noob
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 23, 2016 5:35 am
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
trimakasih buat artikelnya pakde gung,buat saya nie termasuk masukan...hehehe
soale xi gc saya problem kipas nyala belum teratasi,riwayat sblumnya ga pake thermostart,setelah saya belikan&pasang thermostart ketika suhu mesin sdah mencapai kipas mlai nyala,tetapi ga bisa mati2...
liat artikel ini coba sya praktekkan..hehehe
trims pa'degung..
soale xi gc saya problem kipas nyala belum teratasi,riwayat sblumnya ga pake thermostart,setelah saya belikan&pasang thermostart ketika suhu mesin sdah mencapai kipas mlai nyala,tetapi ga bisa mati2...
liat artikel ini coba sya praktekkan..hehehe
trims pa'degung..
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Selang baypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
kalo cuma selang buntu seperti itu 2 bulan jebol om..
mungkin lubang harus diisi dulu (misal dg tutup odol dan sealer) baru ditutup selang buntu, biar rapi dan ga lompat saat tekanan tinggi.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
ga bisa mati ato sebenarnya bisa mati tapi lama om..?moch amien wrote: ↑Thu Mar 09, 2017 10:33 amtrimakasih buat artikelnya pakde gung,buat saya nie termasuk masukan...hehehe
soale xi gc saya problem kipas nyala belum teratasi,riwayat sblumnya ga pake thermostart,setelah saya belikan&pasang thermostart ketika suhu mesin sdah mencapai kipas mlai nyala,tetapi ga bisa mati2...
liat artikel ini coba sya praktekkan..hehehe
trims pa'degung..
sipp..monggo dicoba dulu.., mudah²an bsa atasi masalahnya.
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
Wahh saya juga yg termasuk salah kaprah dong klo gt.. cz punya sya d by pass juga nh...
Tp klo heater udah lama ga aktif, klo d balikin lg jalur'a bkalan aman ga pa'de.? Tkutnya krna dah lama vacum mlah knp" lg...
Tp klo heater udah lama ga aktif, klo d balikin lg jalur'a bkalan aman ga pa'de.? Tkutnya krna dah lama vacum mlah knp" lg...
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
asal ga bocor aman aja om.., kalo ga yakin ya dibuntu aja. toh hampir ga pernah buka kran kan, jadi sama aja dg dibuntu.
kalo ga punya bahan buat buntu lubang air, buntu aja / masukin plastik ato apa ke selang jumper..lalu pasang lagi selangnya, yg penting air ga ngalir lewat selag itu.
kalo ga punya bahan buat buntu lubang air, buntu aja / masukin plastik ato apa ke selang jumper..lalu pasang lagi selangnya, yg penting air ga ngalir lewat selag itu.
Re: Selang baypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
siap...Pa'de Gung wrote: ↑Thu Mar 09, 2017 1:34 pm
kalo cuma selang buntu seperti itu 2 bulan jebol om..
mungkin lubang harus diisi dulu (misal dg tutup odol dan sealer) baru ditutup selang buntu, biar rapi dan ga lompat saat tekanan tinggi.
besok coba dipraktekan lah
atau bisa juga cara gabungan ya... pake cara pakde lalu biar rapi ditutup dengan selang buntu deh
- choElo98
- GC Maniac
- Posts: 1620
- Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
- Location: Padang-Pariaman-Bukittingi
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
Mantap pa' de, keslahan juga ni
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "
Mari Rame_in Forum
Mari Rame_in Forum
Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
Praktek ah... makasih pak de gung