si Biru Tua D 1492 FW

gc-ers ride, project logs & modification pics..
User avatar
emilkurniawan
GC Lover
GC Lover
Posts: 256
Joined: Tue Apr 07, 2015 2:42 pm
Location: Bandung-Tasikmalaya

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by emilkurniawan » Fri May 27, 2016 3:17 pm

rezayolando wrote:aih perjalanannya menguras tenaga.pikiran serta dompet.. semangaaattt....

hehe siap mang eza ttp semangat, makasih selalu bantuin kalau ngadat si biru nya..hehhe

ntr mlm insyaallah ke isti
D 1492 FW

User avatar
emilkurniawan
GC Lover
GC Lover
Posts: 256
Joined: Tue Apr 07, 2015 2:42 pm
Location: Bandung-Tasikmalaya

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by emilkurniawan » Thu Oct 13, 2016 2:45 pm

pengen curhat ah :

jadi begini ceritanya, waktu itu. . . . karena sering pusing dengan busi yang suka mnta ganti terus dengan kondisi busi basah item, setelah bolak-balik ke spesialis karbu (karena belum siap turun mesin) sampai ketemu dengan spesialis karbu ajaib karena pas baru dtg ke bengkelnya mau di ceritain kondisinya dia malah bilang "saya uda tau penyakitnya" padahal dia belum buka dan liat kondisi mobil..hahaa ..

masalah belum terpecahkan juga, walaupun bagi saya yang awan serasa mobil g suka ngadat2 atau mogok dan bensin pun g boros amat dpt 1:10 tapi pengen sehat walafiat kaya om-om disini, jdi lah setelah ngobrol2,tanya2 ke bengkel dan ke temen gc bandung juga saya putuskan untuk turun mesin setengah seperti cerita sblm ini.

akhir2 ini mobil jdi jarang keluar, selain buat hemat berangkat kerja pake motor jadi males juga bawa mobil g pede bawa mobil yg ngebul keluar asap putih..hik hik. padahal sblm turun mesin ngebulnya g kaya sekarang. saya blm tau dan paham bener kondisi ring, seher dan bagian mesin lainnya masih dalam keadaan prima apa engga tapi menurut keterangan montir kondisi seher dan ring masih dalam keadaan baik jadi g harus ganti dan saya percaya aja.

jdilah cuma turun setengah saja dan kaget juga biaya habis kurang lebih 7 jt karena banyak part yang diganti kaya EM walau g ori, master rem, kopling set, selang-selang dll tapi g apalah buat mobil tua ini berkorban dulu uang buat calon bayi lahiran d pake dlu.. heheh

ceritanya sudah beres mobil dites ke acara gath di jakarta dan alhamdulillah normal g masalah tapi yang dirasa bensin g berubah banyak ttp sama dan tenaga juga g banyak berubah (mungkin perasaaan saja)heheh.

setelah itu dipke acara kantor ke tmpt wisata dibandung dan ternyata hampir saja masuk ke jurang karena lokasinya nanjak dan ditengah-tengah si mobil g naik walau sudah di posisi 1 mobil brebet dan bunyi kaya tikus ke inijek akhirnya di rem tengan ditengah2 sambil mundur ngelos lah sampai saya bantir kiri aja dan hampir nubruk warung serem amat mana posisi mlm,

saya blm bisa ngapa2in dan blm teridenfikasi kenapa masalahnya, saya paksain pulang nyari jalan yang engga nanjak karena mobil g bisa di rpm tinggi dan kalau dipaksa di gas malah berebet dan nth suara apa itu makin keras saja dan sementara saya semprot2 pke WD semua van belt lumayan ngurangin suara alhamdulillah slmat balik rumah.

setelah beberapa hari saya bawa ke bengke temen (bukan bengkel yang ngerjain turun mesin) dan ternyata posisi timming belt loncat g cnter katanya dan ada van belt yang kurang pas pasangnya. alhamdulillah normal lah lagi sekalian tune up.

beberapa hari kemudian cek2 busi ttp sama aja basah item ko aneh pdhl seal2 ud diganti dan coba lah ganti lagi seal busi tapi skrg ttp sama aja dan ngebul putih juga ada pas pagi kadang dan kalau siang blm terlalu memperhatikan sih tpi smpt minta tmn liatin sama tmn katanya ada asap putih pas siang (tring2 jangan2 kudu ganti ring dan turun mesin semua)heheh blm lagi posisi head rembet oli dan air kadang suka nambah trs tpi di cek pagi2 buka tutup radiator di gas g muncrat.

skrg bingung antara di jual , ganti mesin, dibenerin mesin atau gimana lagi..hahhaha
ni mobil pertama saya dan punya kenangan bgt dari awal blm nikah, pas nikah dijadikan mobil wedding, sampai bawa istri mules pas mau lahiran dan bwa dedek bayi pulang dari rumah bersalin ke rumah.


sekian ah curhatnya
D 1492 FW

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by adeindra » Fri Oct 14, 2016 9:30 am

teman temen bandung bukannya banyak bengkel yang bisa direkomensikan ya untuk melihat ulang itu mesinnn

User avatar
emilkurniawan
GC Lover
GC Lover
Posts: 256
Joined: Tue Apr 07, 2015 2:42 pm
Location: Bandung-Tasikmalaya

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by emilkurniawan » Fri Oct 14, 2016 10:28 am

adeindra wrote:teman temen bandung bukannya banyak bengkel yang bisa direkomensikan ya untuk melihat ulang itu mesinnn


iya opa sudah dpt bengkel2 rekomendasi tmn2 bandung.. tinggal nunggu waktu yang tepat aja buat diperiksa dan di eksukusi,,he
rencana mau dibawa ke mas igit atau ke a ebo j26
D 1492 FW

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by Pa'de Gung » Fri Oct 14, 2016 11:28 am

waduhh..., sabar ya om.., memang bikin jengkel kalo benerin mobil ga kelar masalahnya. apalagi abisnya cukup banyak.

sedikit ikut nimbrung.., basah busi memang biasanya karena oli. untuk memastikan..biasanya ujung kenalpot juga hitam basah oli.
kalo knalpot hitam kering biasanya masalah karbu dan pangapian.
Begitu juga membedakan asap putih air ato oli. kalo air asap putih tapi ga ada sisa di ujung knalpot. kalo oli akan membekas sebelum dibersihkan.

satu lagi masalah seal busi bocor ga bikin mesin ngebul om, karena seal busi ada di atas lubang busi. Kalo seal busi bocor lubang busi akan banyak oli, bahkan busi bisa kerendem sekalian cop businya.

mudah2 cepet kelar masalahnya..

User avatar
emilkurniawan
GC Lover
GC Lover
Posts: 256
Joined: Tue Apr 07, 2015 2:42 pm
Location: Bandung-Tasikmalaya

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by emilkurniawan » Fri Oct 14, 2016 2:21 pm

Pa'de Gung wrote:waduhh..., sabar ya om.., memang bikin jengkel kalo benerin mobil ga kelar masalahnya. apalagi abisnya cukup banyak.

sedikit ikut nimbrung.., basah busi memang biasanya karena oli. untuk memastikan..biasanya ujung kenalpot juga hitam basah oli.
kalo knalpot hitam kering biasanya masalah karbu dan pangapian.
Begitu juga membedakan asap putih air ato oli. kalo air asap putih tapi ga ada sisa di ujung knalpot. kalo oli akan membekas sebelum dibersihkan.

satu lagi masalah seal busi bocor ga bikin mesin ngebul om, karena seal busi ada di atas lubang busi. Kalo seal busi bocor lubang busi akan banyak oli, bahkan busi bisa kerendem sekalian cop businya.

mudah2 cepet kelar masalahnya..
aamiin makasih pakde.

kalau ujung knalpot hitam kering pakde dan waktu itu smpt rubah lubang posisi delco nth dimajukan apa dimundurin sama montrinya kalau busi emang hanya dua saja sih yang basah oli.. sisanya masih hitam dan sepertinya setingan karbu dan pengapian blm maksimal
nah asah putih ini apakah air apa oli blm ketauan secara kasat mata cuma yg pasti air radiator nambah terus om dan packing head ada rembes oli, apa air masuk ke ruang bakar gt?
D 1492 FW

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by Pa'de Gung » Fri Oct 14, 2016 4:56 pm

Kalo yakin yg di busi itu oli.., mungkin ring minta ganti.
Tapi kalo ujung knalpot masih kering.., sepertinya dikit banget bocornya.
Kalo pas ketauan ngebul..coba amati.., kalo asap oli, asapnya ga ilang². kalo uap air sebentar udah ga kliatan.

Soal busi, belum lama ini saya ketemu busi ga bagus ( mungkin palsu).
Busi Denso K20pu biasanya bagus aja dipake. ehh..terakhir ganti malah asap item, busi juga item.
akhirnya ganti lagi yg NGK BKR6E normal lagi sampe sekarang.

User avatar
emilkurniawan
GC Lover
GC Lover
Posts: 256
Joined: Tue Apr 07, 2015 2:42 pm
Location: Bandung-Tasikmalaya

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by emilkurniawan » Sat Oct 15, 2016 8:41 am

Pa'de Gung wrote:Kalo yakin yg di busi itu oli.., mungkin ring minta ganti.
Tapi kalo ujung knalpot masih kering.., sepertinya dikit banget bocornya.
Kalo pas ketauan ngebul..coba amati.., kalo asap oli, asapnya ga ilang². kalo uap air sebentar udah ga kliatan.

Soal busi, belum lama ini saya ketemu busi ga bagus ( mungkin palsu).
Busi Denso K20pu biasanya bagus aja dipake. ehh..terakhir ganti malah asap item, busi juga item.
akhirnya ganti lagi yg NGK BKR6E normal lagi sampe sekarang.

olinya d bagian leher nya pakde yg ada ring nya itu nampak ada oli tpi g terlalu bnyak sih.
barusan saya cek busi ujungnya ttp item kering dan ujung knalpot item kering dan asapnya g terlalu bnyak, coba saya pegang ujung knalpot ada airnya.

oiya soal busi saya juga sering pkenya pke denso k20Pu skrg coba ganti NGK tp kodenya bukan kaya pakde itu NGK BKR6E tp kode nya CPR5E.

pagi ini asap g terlalu bnyak sih.
Last edited by emilkurniawan on Sat Oct 15, 2016 9:16 am, edited 1 time in total.
D 1492 FW

User avatar
emilkurniawan
GC Lover
GC Lover
Posts: 256
Joined: Tue Apr 07, 2015 2:42 pm
Location: Bandung-Tasikmalaya

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by emilkurniawan » Sat Oct 15, 2016 9:14 am

Pa'de Gung wrote:Kalo yakin yg di busi itu oli.., mungkin ring minta ganti.
Tapi kalo ujung knalpot masih kering.., sepertinya dikit banget bocornya.
Kalo pas ketauan ngebul..coba amati.., kalo asap oli, asapnya ga ilang². kalo uap air sebentar udah ga kliatan.

Soal busi, belum lama ini saya ketemu busi ga bagus ( mungkin palsu).
Busi Denso K20pu biasanya bagus aja dipake. ehh..terakhir ganti malah asap item, busi juga item.
akhirnya ganti lagi yg NGK BKR6E normal lagi sampe sekarang.
20161015_074907.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
D 1492 FW

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: si Biru Tua D 1492 FW

Post by Pa'de Gung » Sat Oct 15, 2016 9:31 am

ooo..kalo oli disitu bener karena seal busi om.., tapi itu ga bikin mesin ngebul, karena ga bisa masuk ke ruang bakar.
saya belum pernah pake busi yg CPR5E. . Setiap beli busi honda selalu dikasi yg BKR6E 14rb/biji ato yg label honda BKR6E-N 30rb/biji.
kalo liat warna busi.., sepertinya masalah karbu ato pengapian om..
bisa seting karbu kurang pas, ato api kekecilan. (posisi delko ga masalah)

knalpot kering berarti bener uap air yg keluar. Masalahnya kalo mesin panas cuaca panas tetep keluar air...., besar kemungkinan gasket bocor lagi, ato baut head kurang kenceng sehingga bocor saat mesin panas.
ada baiknya cek baut head pake kunci moment.

Post Reply